Pelatihan KPSPAMS Desa Baru Program Pamsimas III Jateng Kab. Grobogan

Pelatihan KP-SPAMS Desa Baru Program PAMSIMAS III Jawa Tengah Kabupaten Grobogan diadakan di Hotel Muria Semarang, Jl. Dr. Cipto No. 73 Kota Semarang, Jawa Tengah yang dilaksanakan mulai Hari Senin s.d Kamis pada Tanggal 12 s.d 15 November 2018.

Dalam Pelatihan tersebut selain dihadiri oleh Nara Sumber, antara lain : Tanuri,ST., (DC Kab. Grobogan), Y. Candi Binthara, SE (Co DC Kab. Grobogan), hadir juga Peserta Pelatihan Pengurus KP-SPAMS dari 9 Desa di 5 Kecamatan dan peserta lainnya dari Kab. Demak dan Kab. Semarang yang merupakan perwakilan Unit Teknis dan Unit Bendahara setiap Desa.

Kebutuhan Air Bersih ditengah Masyarakat suda tidak bisa dipungkiri lagi, oleh sebab itu Program Pamsimas yang dibuat disetiap Desa oleh Pemeintah Daerah hendaknya bisa dijalankan oleh orang-orang yang mengerti dan mau bekerja. Arti dari orang-orang yang memiliki sistem yang bagus serta mau bekerja adalah orang-orang yang faham khususnya dengan sistem Sanitasi atau mengerti pembagian Air Bersih melalui Pipa kerumah-rumah Masyarakat.

Air sebagai kebutuhan utama kehidupan seharusnya dapat terpenuhi secara kuantitas, kualitas, terjangkau, dan berkelanjutan. Menjadi tantangan bersama bagaimana Program Pamsimas mampu memastikan semua Masyarakat termasuk Masyarakat yang berkebutuhan khusus (disable) dapat mengakses Air Minum dan Sanitasi yang layak dan Berkelanjutan.

Materi Pelatihan diawali dengan Pembahasan Kontrak Belajar dan Alur Pelatihan yang dipandu oleh Tanuri,ST. Kelancaran dan Keefektifan Pelatihan serta tersampaikannya seluruh materi dengan baik jika ada komitmen dari para peserta mengenai aturan-aturan yang akan disepakatkan.

Salah satu faktor penunjang keberlanjutan Desa Pasca adalah penerapan iuran rutin, pengelolaan administrasi dan keuangan yang baik. Faktor inilah yang menjadi salah satu isu utama dalam kegiatan ini. Sarana yang telah dibangun sangat butuh Biaya Opersional dan Pemeliharaan. Jika tidak ada iuran, maka dapat dipastikan sarana tidak akan berfungsi dengan baik. Siapa yang akan membiayai jika sarana rusak? Siapa yang akan menjaga sarana tersebut?. Semua itu butuh uang dan uang itu dari iuran. Ketika keberfungsian SPAM mengalami penurunan atau iuran tidak diterapkan dengan benar, Keberlanjutan Air Minum dan Sanitasi Desa berada pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Diakhir Materi dilakukan Simulasi Pengelolaan SPAM, Pemeliharaan SPAM, dan Pengembangan SPAM. Peserta dibagi 3 kelompok dan diberikan masalah yang sering ada di Desa. Seluruh Peserta melakukan Simulasi dengan benar dan ini diharapkan agar dapat diterapkan di Desa masing-masing.

Diakhir Pertemuan atau Hari terakhir Pelatihan Para Peserta Pelatihan harus mengisi Quesioner Pelatihan KP-SPAMS Program Pamsimas III yang diberikan oleh penyelenggara Pelatihan tersebut.

Seluruh Peserta sangat antusias dalam mengikuti Pelatihan tersebut, bahkan sangat semangat mengikuti setiap Materi baik Diskusi maupun Ceramah.

Semoga Pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi Masyarakat dan puas untuk kedepannya.

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.